RSS

Masjid Tiban, Dibangun Atas Dasar Petunjuk Sang Khaliq

26 Oct

Cerita ini harusnya ku ceritakan sebulan yang lalu setelah melakukan perjalanan ke Kota Malang.. tepatnya ke malang bagian selatan yaitu di kecamatan Turen, pada tanggal 23-09-2011 kemarin, tapi  no problem meskipun terlambat dari pada tidak post tentang objek yang menarik ini dan ketika pertama nyampek ke tempat ini tak ada yang terucap selain pujian atas ke-AgunganNya “SUBHANALLAH”

Ini ceritaku::::

Masjid Tiban, demikian masyarakat menyebutnya.  Sebuah masjid besar yang penuh dengan keagungan dan keindahan. Masjid Tiiban merupakan sebuah masjid yang terletak didaerah Turen Kabupaten Malang, tepatnya berada diarea pondok pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah Jl.Anggur Rt 27 Rw 06 Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Masjid ini disebut sebagai Masjid Tiban dikarenakan anggapan masyarakat yang sekitar yang mengisukan bahwa masjid ini tiba-tiba ada. Bahkan ada  yang bilang masjidnya Jin, Masjid Lawang Sewu dan   ada juga yang bilang masjid Ajaib

https://lh4.googleusercontent.com/-6s_2aAoUj-I/TqYqg99qwPI/AAAAAAAAAIU/JY28HUOdMmA/s220/1.jpg    https://lh6.googleusercontent.com/-AAj-JnXVbP4/TqYpFgGVmPI/AAAAAAAAAHU/4p0ADTa7vcU/s128/3.jpg   https://lh5.googleusercontent.com/-pZIRhEL-Mq4/TqYo7pWM3tI/AAAAAAAAAHM/qI2mAeLYyuc/s128/2.jpg

Hal inilah yang mungkin menjadikan banyak orang yang penasaran untuk melihat dan membuktikan keberadaan masjid ini termasuk saya juga. Sehingga tak heran jika diarea masjid ini dapat anda temui banyak orang yang datang untuk berwisata sembari mengobati rasa penasaran mereka akan asal usul masjid ini.

 

Ponpes ini dibangun sejak tahun 1978 di areal seluas 4 hektare, dan kira-kira baru 1,5 hektare dari luas tanah itu yang digunakan untuk bangunan utamanya yang sampai saat ini belum kelar pembangunannya. Arsitektur bangunannya sangat menawan. Sangat serius. Ini terlihat di setiap detail ornamennya. Benar-benar tak kusangka dan sulit dipercaya sekali ternyata semua ornament itu dibuat oleh santri di pondok tersebut dan arsiteknya pun bukan arsitek ala-ala bangunan mewah yang terkenal tapi beliau adalah  Romo Yai di Masjid itu  yang mendapatkan petunjuk dari sang Kholiq, melalui sholat istiqoroh. Ini saya dapatkan ketika saya berbincang dengan salah satu santri sepuh yang sudah cukup lama mencari barokah di masjid ini. Bagiku, muter-muter di masjid ini seperti sedang berada di Jatim Park, tapi ini dalam bentuk wisata religi. Maksudnya, begitu datang ke sini, akan disambut oleh sebuah wahana demi wahana, dari melangkahkan kaki untuk pertama kalinya di dalam bangunan pondok pesantren ini, sampai keluar. Dari tingkat pertama sampai dengan tingkatnya yang ke sepuluh.

  

Usai berjalan muter-muter didalambangunan megah ini  saya kembali sampai menuju ke lantai paling dasar,dan  saya sempatkan “mampir” ke bagian samping halaman bangunan ponpes ini. Dimana di bagian ini terdapat tempat peristirahatan yang lebih mirip bergaya kerajaan berwarna putih di hampir semua bagiannya. Berbagai macam tempat duduk diletakkan disini. Sehingga kita bisa melepaskan penat usai “berkelana” di tempat ini sambil menikmati pemandangan pepohonan yang ada di sekitar.

 

Dan dari taman ini saya bisa melihat menara masjid utama dan juga bisa menikmati rindangnya pepohonan di sekitar masjid sembari istirahat…

Ketika saya berjalan di samping bangunan, secara tidak sengaja saya menemukan “angle” bangunan yang tampak seperti dalam gambar di samping. Begitu mengagumkan! Mirip seperti bangunan kerajaan di negeri dongeng….
Aneka ornamen menghiasi dinding dan pilar-pilar yang terdapat di dalamnya. Sehingga kesan istimewa dan mewah patut disematkan di tempat ini.
Inilah bagian bangunan yang menjadi favorit saya…
Sangat istimewa dengan segala pernak-pernik dan ornamennya. Perpaduan warna putih, biru, krem, kuning, dan lainnya terlihat sangat kompak dan padu….
Namun yang lebih unik lagi adalah di berbagai sudut ruangan tidak dijumpai kotak amal yang biasanya lazim di jumpai di salah satu sudut tempat peribadatan. Ini yang membuat pikiran saya bertanya-tanya. Dapat dana dari mana “sang kreator ” ketika merancang, membuat, dan membangun tempat sebagus ini?

  https://lh6.googleusercontent.com/-2zPjZwxMv0s/TqYpsR5W02I/AAAAAAAAAH0/HVq6lZZE_oc/s128/12.jpg 

Sampai pada akhirnya saya pun melanjutkan perjalanan ketempat yang kelihatan dari jauh cukup unik, dan ternyata tempat ini adalah masjid anak santri yang tidak ketinggalan dengan orname-ornamaen dan kaligrafi bagus kelihatan ditempat ini

       

Setelah dari masjid anak santri ini haripun menjelang sore, untuk  Mas bro dan mbak bri jika  main-main ke Malang bagian selatan jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke Masjid yang megah ini….  Jangan mau kalah dengan beberapa artis yang sudah kesana seperti “Pepy explorer” dan bunda  “Dorce”

Untuk  melihat gambar yang lebih jelas bisa di:::

https://picasaweb.google.com/109847054380336361129/October262011?locked=true

Ini Sekilah Ceritaku,,,

Sekarang apa Ceritamu?????

 
8 Comments

Posted by on October 26, 2011 in Terlupakan

 

8 responses to “Masjid Tiban, Dibangun Atas Dasar Petunjuk Sang Khaliq

  1. fazza

    November 2, 2011 at 11:47 am

    sesuatuh yah😀
    kirain masjid tuban hehehehehe….

     
    • Amethyst Aiko

      November 2, 2011 at 12:21 pm

      pokoknya sesuatu banget dah… di tuban ada yang megah gitu juga???

       
  2. alhidah iday

    November 11, 2011 at 6:13 am

    dapat darimana dananx ya membangun masjid yg megah ini?

     
    • Amethyst Aiko

      November 14, 2011 at 1:24 am

      menurut salah satu santri pas aku tanya semua dana itu juga dari santri-santri yang udah mampu…

       
  3. putra

    November 21, 2011 at 2:42 am

    masjid tiban mana yaaa…?

     
    • Amethyst Aiko

      November 21, 2011 at 9:59 am

      turen-malang

       
  4. KAJI JI

    November 28, 2011 at 2:46 pm

    DAPAT DANA DARI MANA

     
  5. Fhitriah Wulandari

    May 4, 2012 at 4:46 am

    I Love Turen

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: