RSS

Ketika kenyataan hidup tidak sesuai dengan keinginan

13 Oct

Keinginan lahir dari cita-cita atau bisa juga merupakan rencana hidup kita seperti visi dan misi hidup, dan kenyataan merupakan sesuatu yang kita alami, harus dihadapi, tidak bisa dihindarkan dan diabaikan.

Dan seseorang merasa hidup ini lebih tidak adil saat ikhtiar dan doa pun sudah dipanjatkan beriringan dengan kepasrahan mendalam.

Hari esok rasanya berat, entah kepahitan apa lagi yang akan menjemput jiwa. Dan benarlah saatnya tiba kita begitu rapuh, lemah, terkulai, kesesakan tatkala bangun pagi menjadi rutinnya kehidupan.

Kita tidak akan pernah mengetahui sesuatu itu baik atau buruk disaat kita belum melalui nya dan merasakan hikmah atau arti sesungguh nya dari  yang kita alami.

Saat sekarang ini akan terasa mudah untuk mengatakan bahwa orang lain tidak akan pernah mengerti apa yang kita rasakan dan mereka hanya bisa memberikan justifikasi terhadap kenyataan pahit hidup yang kita alami, memang lebih mudah untuk menghindari nasihat-nasihat yang terasa menghakimi dibandingkan dengan berkontemplasi atau merenung sejenak apakah memang nasihat itu merupakan solusi untuk masalah kita. Lingkaran setan ini yang terus mengelilingi kita disaat hidup terasa begitu pahit, yaitu kita mendapatkan kenyataan tidak sesuai dengan keinginan/pengharapan.

Percaya atau tidak, bahwa di hidup ini ada mukjizat, sesuatu yang dikira atau dinalar tidak masuk akal namun terjadi. Terkadang hal ini terjadi di saat kita merasa sudah lelah bergulat dengan hidup

Saat masalah dirasa telah menggunung, dan terlihat seolah tidak mungkin ada jalan keluarnya. Mulai berbaik sangkalah kepada Allah SWT bahwa semua ini diciptakan berpasang-pasangan. Ujung pelangi memiliki ujung pelangi yang lain, embun pagi terasa indah bila dipasangkan dengan pagi hari begitu juga dengan kesedihan dipasangkan dengan kebahagiaan, ini sudah merupakan janji Allah.
Begitu juga dengan masalah, memang Allah pasangkan dengan doa, karena bila ditilik lebih jauh doa itu erat kaitannya dengan sabar Di dalam kesabarannya dalam menghadapi cobaan dan ujian.

Manusia seringkali merasa sibuk atau mungkin disibukkan dengan logika berpikir rasional nya, bahwa doa itu hanya pelengkap dari usaha kita, doa merupakan hal yang tidak masuk di akal bila dilihat dari kemampuanya menyelesaikan masalah.

Sehingga semoga secercah pemikiran di atas bisa menumbuhkan perasaan bahwa kepedihan hidup dialami semua orang, bahwa kita tidak sendirian, kenyataan tidak sesuai dengan keinginan adalah hal yang wajar kita alami, kebersamaan dan berbagi rasa semoga bisa menjadi solusi untuk menghadapi kesedihan, bukan berlarut dengannya.

 
8 Comments

Posted by on October 13, 2011 in Suara Hati

 

8 responses to “Ketika kenyataan hidup tidak sesuai dengan keinginan

  1. asmaul usnah

    March 31, 2012 at 2:51 pm

    aku suka,memotivasi untk t2p selalu menerima

     
  2. rodeni

    June 9, 2012 at 5:28 am

    Siplah

     
  3. Iwan

    June 17, 2012 at 3:09 pm

    Ya, kenyaatan hidup memang acap kali jauh dari harapan dan kita sering melupakan kekuatan Doa’ .

     
  4. Alfi Alif Si Alifi

    November 9, 2012 at 5:34 am

    hidup itu hanya lah sebuah jalan untuk menuju kematian. jd jangan lah terlalu pusing untuk sgala hal dari kehidupan. biar lah semua berjalan bagai air yang mengikuti arus nya.

     
  5. Dani

    December 19, 2012 at 6:01 pm

    Saya setuju dgn ungkapannya

     
  6. abdullah

    March 24, 2013 at 6:14 pm

    saya percaya allah tidak akan memberikan cobaan kepada kita, yang tidak mampu kita pikul…sesungguhnya allah maha mengetahui lagi maha bijaksana ..insya allah

     
  7. ndraz

    June 5, 2013 at 7:11 pm

    itulah sebuah kehidupan, tdk atau suka dgn sebuah cobaan kt hr bs menerimanya.,

     
  8. Yuni

    October 31, 2013 at 9:15 am

    saat sperti itulah saat paling menyedihkan dalam hidup,seakan semua sudah tertutup dan bingung harus berbuat apa,dengan berharap lebih keesokannya mukjizat itu akan datang,,inikah yang dinamakan perjalanan hidup,,kadang terasa lelah menghadapi semua permainan hidup ini,,dimanakah semangat itu dan keajaiban itu akan datang. Y

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: