RSS

To Be A Good Leader

22 Jun

“ Sebaik baiknya  pemimpin kamu adalah mereka  yang kamu cintai dan mereka pun mencintai kamu,kamu menghormati mereka dan mereka menghormati kamu.  Sejelak jelek pemimpin kamu adalahmereka yang kamu bencidan mereka pun benci kepadamu, kamu melaknat mereka dan mereka juga melaknanat kamu. “

( Al Hadist ).

Insyallah beberapa hal berikut ini  bisa menjadi acuan bagi kita untuk belajar menjadi pemimpin yang baik.

1. Jujur,   Seorang pemimpin yang baik menunjukkan ketulusan, integritas dan keterbukaan dalam setiap tindaknnya.

2. Kuat dan amanah, Kuat di sisni lebih kepada  ketangguhan fisik, mental dan spritiual.. Pelaksanaan tugas –tugas kepemimpinanan akan sanata ditunjang dengan kebugaran fisik.Disisi lain  pemimpin juga dituntut  untuk bisa bersikap tegar  terhadap segala kesulitan yang dihadapi. bersikap tenan, penuh percaya diri memberikan motivasi juga inspirasi  kepada bawahan  untuk terus berkinerja positif mewujudkan tujuan. Dan hany dengan spiritualitas yang terjaga  pulalah sikap mental yang tangguh  dapat ditumbuhkan.

Amanah dibangun dengan kompetensi dan profesionalitas. Mengedepankan rasioanalitas cara berfikir ketika berhadapan dengan apaun  serta dalam situasi yang bagaimanapun.

3. Berpandangan kedepan ( visioner )  dan menetapkan tujuan ( visi dan misis ) yang jelas, Dalam menetapkan tujuan pemimpin perlu menanamkan pemikiran bahwa tujuan tersebut adalah milik organisasi secara keseluruhan. Mengetahui apa yang diinginkan  serta bagaimana cara  untuk mendapatkannya. Menetapkan  prioritas berdasarkan  nilai dasar yang dianut dalam  organisasi tersebut.   Menginspirasi bawahan  untuk berkarya lebih baik.

4.    Cerdas, Menjadi pembelajar sejati  yang terus meng up grade diri  untuk bertumbuh menjadi lebih baik.

5. Bijak serta adil, Berupaya untuk  menempatkan segala sesuatu  pada porsinya yang tepat.  Memiliki sikap empati. Sehingga peka terhadap  perasaan, nilai – nilai, minat  serta keberadaan orang lain.

6. Berfikir luas, Terbuka terhadap segala perbedaan. Tidak memiliki kecenderungan pada salah satu pihak saja.

7. Monitoring, Memonitor terhadap tugas – tugas  yand telah didelegasikan  pada bawahan. Sampai dimana tingkat pencapaian, terdapat kendala atau tidak. Sehingga segala kemungkinana dapat diantisipasi  lebih awal dan dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

8. Evaluasi, Melakukan evaluasi secara berkala  terhadap kinerja bawahan . Ini penting dilakukan  untuk  memberikan masukan berarti bagi kemajuan organisasi/ perusahaan.

9.   Membangun komunikasi yang efektif, ( Lebih jelasnya baca : how to good speaker’s )

10. Mengembangkan ketrampilan tim  dengan mengadakan pelatihan – pelatihan  secara berkala. Sebagai jawaban atas semakaintingginya  persaingan dalam dunia kerja.

11. Bisa menempatkan diri, Ada kalanya seorang pemimpin harus turun tangan  bila bawahan  memerlukan  bantuan ( disaat – saat genting ) dan tak ada alasan  untuk menolaknya. Bimbing bawahan menuju sukses.

‘ Keberhasilan seorang peminpin sangata bergantung dari kemampuan untuk membangun  orang – orang  disekitarnya, karena keberhasilan sebuah organisasi sangat bergantung pada potensi sumber daya manusia dalam organisasi tersebut “

( John Maxwell, in Developing The Leaders Araund You : 2000 )

 
Leave a comment

Posted by on June 22, 2010 in Suara Hati

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: